Lestarikan Budaya Melayu, Batam Kota Gelar Lomba " Nasi Besar" Lestarikan Budaya Melayu, Batam Kota Gelar Lomba " Nasi Besar"

Lestarikan Budaya Melayu, Batam Kota Gelar Lomba " Nasi Besar"



Etahnews.id | BATAM -
Nasi Besar bukan bermakna nasi yang dibuat atau dibentuk dalam ukuran besar. Melainkan, nasi yang dihidangkan dalam acara kebesaran. Makna yang terkandung dalam penghidangan nasi besar merupakan kehalusan budi pekerti masyarakat Melayu. Karena itu, di momen Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 RI, Kecamatan Batam Kota menggelar berbagai lomba, salah satunya lomba membuat nasi besar.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Muhammad Zen bertindak sebagai juri lomba nasi besar. Ia menyebutkan, kegiatan ini diikuti 6 kelurahan di Kecamatan Batam Kota.

"Jadi nasi besar dibuat dari rumah, peserta akan menjelaskan nasi besarnya," katanya, di Plaza Botania 2, Batam Kota, Sabtu (9/9/2023).

Menyandang sebutan Nasi Besar, nyatanya hidangan tersebut tidak murni berupa nasi yang ditanak dari beras. Melainkan, berupa pulut atau ketan yang diproses dengan cara ditanak lalu ditambah kunyit sehingga hasilnya menjadi pulut kuning.

Bersama juri lainnya yakni Dato' Haji Wan Gamal yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Batam Kota, dan Dato' Haji Syamsuddin Ja'far menilai kelengkapan nasi besar dari masing-masing peserta. Dato' Haji Zen panggilan akrabnya menyebutkan nasi besar terdiri dari bunga puncak, bunga telur, telur yang diberi warna merah, pulut kuning, dan lingkar pulut.

Kemudian ada hiasan pada pinggir pahar dan pahar dulang bekaki. Selain kelengkapan, nasi besar dinilai dari kebersihan, kerapihan, dan kreatifitasnya. "Kalau tak lengkap, berkurang nilainya. Telurnya harus berjumlah ganjil. Dinilai juga kreatifitas membuat bunga telur karena bunga telur ini tidak ada pakemnya jadi bisa berkreasi," terangnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata, nasi besar merupakan salah satu tradisi Melayu, yang ada di rangkaian setiap acara kebesaran. Menurutnya nasi besar kini tak hanya disajikan pada saat acara pernikahan, Khataman Alquran atau Sunatan saja. Nasi besar juga sudah mulai hadir diberbagai acara, seperti peringatan hari kelahiran, hari jadi kota dan sebagainya.

Namun nasi besar tersebut tetap ada ciri khasnya yakni pulut kuning, bunga telur warna merah, dan bunga puncak.

“Untuk acara perayaan hari jadi dan perayaan lainnya bisa namun ciri khasnya jangan sampai hilang,” ucapnya.


Karena itu, pihaknya akan mendorong agar lebih banyak warga Batam yang melestarikan dan menghidangkan nasi besar pada setiap acara. "Luar biasa saya antusias, Kecamatan Batam Kota mengenalkan nasi besar lewat kegiatan HUT Ke-78 RI. Disbudpar Kota Batam terus mengenalkan tradisi Melayu kepada masyarakat Kota Batam," pungkasnya. (DN).
Lebih baru Lebih lama