Diduga Abaikan Ornamen Simalungun, Pemerhati Budaya Simalungun Minta Bupati RHS Tegur dan Ingatkan Camat Dolok Silau. Diduga Abaikan Ornamen Simalungun, Pemerhati Budaya Simalungun Minta Bupati RHS Tegur dan Ingatkan Camat Dolok Silau.

Diduga Abaikan Ornamen Simalungun, Pemerhati Budaya Simalungun Minta Bupati RHS Tegur dan Ingatkan Camat Dolok Silau.


Etahnews.id | SIMALUNGUN
- Uhir atau Ornamen simalungun merupakan jati diri masyarakat Simalungun itu sendiri, sehingga ornamen Itu adalah ciri khas suatu daerah .

Secara Falsafah dan hukum Adat Simalungun, Ornamen tersebut telah menjadi putusan bagi masyarakat Simalungun untuk menghargai dan menghormati serta melestarikan ornamen tersebut dengan menempatkan nya ditempat tempat yang dianggap sakral salah satunya di kantor pemerintahan.

Ornamen itu juga adalah marwah etnis dan budaya simalungun yang berlandaskan azas Habonaron Do Bona dengan motto Sapangambei Manoktok Hitei.

Seharusnya pemerintah di Kabupaten Simalungun sudah seharusnya menjaga dan melestarikan ornamen budaya Simalungun tersebut.

Namun sangat miris, himbauan untuk melestarikan dan menghargai tradisi dan budaya Simalungun ini sudah mulai tergerus, hal ini terlihat dari beberapa bangunan gedung Kantor Camat di Kabupaten Simalungun sudah mulai terabaikan dan kurang terpelihara.

Seperti terlihat bangunan gedung Kantor Camat Dolok Silau pada hari Rabu (17/04/2024). " Ornamen Simalungun tampak terabaikan, bahkan cat ornamen tersebut pun sudah buram. Sepertinya Camat Dolok Silau, Agusti Ginting.S.Pt ini meremehkan intelektual leluhur Simalungun. Agusti Ginting dinilai tidak memberikan hati untuk menjaga ornamen tersebut bahkan membiarkannya", ungkap Hendri Dens Simarmata, salah seorang pemerhati budaya Simalungun.

"Kita sangat menyayangkan situasi yang terjadi. Memang kita tahu bahwa Simalungun itu sangat terbuka dengan keberagaman etnis yang ada, akan tetapi hargailah ke intelektualan leluhur simalungun itu", bebernya.

Jangan seperti Camat Dolok Silau yang jelas terbukti tidak menghargai Budaya Simalungun, Seharusnya etnis apa pun yang menjadi Camat di simalungun tolong lah di hargai ornamen ( UHIR ) Simalungun, Karena dia menjadi pejabat di kabupaten Simalungun.

"Saya yakin ada anggaran pemeliharaan dan perawatan kantor pejabat pemerintahan dari Pemkab Simalungun sehingga setiap pegawai dan pejabat tidak mengabaikan tradisi adat dan budaya Simalungun itu sendiri. Namun hingga kini belum diketahui secara pasti alasan para pejabat pemerintah, bahkan kita telah mengingatkan Camat untuk membenahi persoalan tersebut", ungkapnya.

Camat Dolok Silau.Agusti Ginting, ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp pada hari Rabu(17/04/2024) tampaknya enggan menjawab pertanyaan wartawan, hingga berita ini dikirim ke redaksi. Camat Dolok silau ini pun tampak bungkam.

"Kita meminta kepada bapak Bupati Simalungun Radiapo H.Sinaga untuk mengingatkan bahkan bila perlu menegur para Pimpinan OPD dan seluruh Camat se Kabupaten Simalungun khususnya Camat Dolok Silau yang kami nilai lalai menjalankan tugas penting dalam pemerintahan" tutupnya. (HS)
Lebih baru Lebih lama